Transfer LinkAja Ke GoPay, DANA, OVO, dan ShopeePay Terbaru

Cara transfer LinkAja ke GoPay, DANA dan OVO hampir sama yaitu via menu kirim uang ke rekening bank. Tapi untuk kirim uang dari LinkAja ke ShopeePay agak berbeda yaitu melalui transfer ke Briva. Kenapa harus via Briva? karena jika melalui menu kirim uang ke virtual account tidak akan bisa.

Selain caranya berbeda, biaya admin transfer saldo LinkAja ke ShopeePay lebih murah yaitu hanya 4.000 rupiah. Sedangkan jika kirim uang dari LinkAja ke OVO, DANA dan GoPay kena biaya admin 6.500.

Dengan kata lain biaya transfer LinkAja ke DANA, GoPay dan OVO sama seperti biaya transfer LinkAja ke bank non HIMBARA kecuali Bank BCA.

Karena seperti kita tahu, sejak Juli 2021 biaya transfer saldo LinkAja ke BCA turun menjadi 2.500 bukan 6.500 lagi. Sebelum melanjutkan, kami hanya berbagi pengetahuan saja, segala resiko yang terjadi bukan tanggung jawab kami. Oleh karena itu sebaiknya pertimbangkan baik-baik sebelum mencoba. Oke, supaya lebih jelas langsung saja lihat panduan berikut ini.

Cara Transfer LinKAja Ke GoPay Terbaru

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Kirim.
  2. Kemudian pilih Rekening Bank.
  3. Tap Pilih Bank Tujuan.
  4. Pilih Permata.
    Cara Transfer LinKAja Ke GoPay Terbaru
  5. Selanjutnya masukan no rekening untuk transfer LinkAja ke GoPay via Bank Permata. Adapun kodenya adalah 898 + Nomor HP akun GoJek / GoPay penerima uang. Tap Lanjut.
  6. Masukan nominal uang yang akan kamu kirim ke Gopay minimal 10.000 lalu Lanjut.
  7. Cek kembali apakah semua sudah benar, jika ya tap Konfirmasi.
  8. Terakhir masukan PIN aplikasi LinkAja.
  9. Jika transfer dari LinkAja ke GoPay berhasil maka akan ada notifikasi dan saldo Gopay akan langsung bertambah.

Jadi untuk saat ini bagi kamu yang ingin top up Gopay via LinkAja bisa menggunakan Bank Permata. Kode transfer dari LinkAja ke Gopay adalah kombinasi kode 898 + no Gopay penerima dana.

Biaya transfer LinkAja ke GoPay via Bank Permata adalah 6.500 rupiah. Dengan kata lain harus ada saldo minimal di LinkAja sebesar 16.500 rupiah agar bisa transfer.

Penting : Jika gagal kirim dari LinkAja ke Gopay lewat Permata maka kamu bisa cek bank lain atau via aplikasi Gojek. Caranya pilih menu Top Up Di GoJek – Metode LainATMATM Bersama atau ATM Prima. Nanti akan muncul nomor rekening virtual untuk top up Gopay.

Jika via ATM Prima maka menggunakan Bank CIMB Niaga, sedangkan ATM Bersama menggunakan Bank Permata.

Bagi yang masih kurang jelas bisa cek video cara transfer dari LinkAja ke GoPay berikut ini.

Cara Transfer LinkAja Ke DANA

Hampir sama seperti transfer LinkAja ke GoPay via Bank Permata, begitu juga dengan DANA. Tapi tentu saja nomor rekening virtualnya berbeda.

Untuk top up DANA pakai LinkAja via Bank Permata menggunakan kode 8528 + nomor HP Akun DANA. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi LinkAja.
  2. Pilih menu Kirim lalu pilih Rekening Bank.
  3. Tap Pilih Bank Tujuan.
  4. Pilih Permata.
  5. Isi nomor rekening tujuan transfer LinkAja ke DANA yaitu 8528 lalu nomor HP akun DANA yang akan menerima uang. Contohnya 85280812555666877. Kemudian tap Lanjut.
  6. Masukan jumlah uang yang akan kamu transfer batas minimalnya 10.000 lalu Lanjut.
  7. Cek apakah nomor rekening dan nominal sudah benar?. Jika benar akan muncul DNID lalu nama akun DANA pada pemilik rekening. Tap Konfirmasi untuk melanjutkan.
  8. Masukan PIN LinkAja.
  9. Apabila kirim saldo LinkAja ke DANA berhasil maka saldo DANA akan langsung bertambah dan ada pemberitahuan.

Jika kita perhatikan, caranya hampir sama dengan transfer dari LinkAja ke GoPay yaitu sama-sama via Bank Permata. Yang beda hanya nomor rekening tujuan saja, untuk batas minimal dan biaya admin sama saja.

Cara Transfer Dari LinkAja Ke OVO

Selain bisa transfer ke GoPay, LinkAja bisa juga transfer ke OVO. Namun untuk OVO menggunakan Bank CIMB Niaga jadi berbeda dengan Gopay.

Tapi untuk biaya transfer LinkAja ke OVO sama saja dengan Gopay, maupun DANA yaitu 6.500. Untuk lebih jelasnya bisa cek langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama-tama buka aplikasi LinkAja lalu pilih Kirim.
  2. Kemudian pilih menu Rekening Bank.
  3. Tap menu Pilih Bank Tujuan.
  4. Pilih CIMB Niaga.
  5. Lalu masukan nomor rekening CIMB Niaga untuk transfer ke OVO yaitu 8099 + nomor HP OVO penerima uang.
  6. Masukan nominal transfer LinkAja ke OVO dengan batas minimal 10.000.
  7. Periksa kembali apakah nomor rekening OVO penerima dan nominal sudah benar atau belum.
  8. Masukan PIN aplikasi LinkAja.
  9. Jika kirim uang dari LinkAja ke OVO berhasil maka akan ada pemberitahuan transaksi sukses.

Catatan : Jika gagal isi OVO lewat LinkAja via CIMB Niaga, silahkan cek lagi bank tujuan dan no rekening vitual untuk top up OVO dari bank lain.

Caranya buka aplikasi OVO lalu pilih menu Top UpMetode LainATMBank Lainnya. Setelah itu lihat nama bank dan nomor virtual account untuk isi saldo OVO dari bank lain.

Gunakan bank dan nomor VA tersebut untuk transfer dari LinkAja.

Cara Transfer Saldo LinkAja Ke ShopeePay 2021

Berbeda dengan transfer LinkAja ke OVO, DANA dan GoPay. Untuk isi ShopeePay bayar pakai OVO harus melalui menu rekening virtual lalu pilih BRIVA.

Jadi untuk saat ini jika ingin top up ShopeePay via LinkAja harus pilih Bank BRI kemudian catat nomor Briva yang muncul.

Setelah itu lakukan transfer dari LinkAja ke ShopeePay via BRIVA. Untuk lebih jelasnya bisa lihat caranya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Semua.
  2. Pilih Rekening Virtual lalu pilih BRIVA.
  3. Pada kolom nomor rekening virtual BRI, masukan kode untuk transfer LinkAja ke ShopeePay yaitu 1120 + no ShopeePay penerima dana.
  4. Masukan nominal transfer dengan batas minimal 10.000 rupiah. Tap Lanjut.
  5. Cek lagi apakah no ShopeePay penerima dan jumlah uang sudah benar atau belum. Jika no Briva benar maka akan muncul nama akun Shopee penarima transfer. Tap Konfirmasi untuk melanjutkan.
  6. Masukan PIN LinkAja.
  7. Jika kirim LinkAja ke ShopeePay berhasil maka saldo ShopeePay akan bertambah saat itu juga.

Seperti terlihat pada langkah di atas, caranya berbeda dengan transfer dari LinkAja ke GoPay, DANA dan OVO. Untuk ShopeePay harus melalui menu rekening virtual Briva bukan dari menu Kirim ke rekening bank.

Tapi kelebihannya adalah biaya transfer saldo LinkAja ke ShopeePay lebih murah daripada LinkAja ke DANA, OVO dan GoPay.

Wajib Tahu

Ini bukan metode resmi dari Linkaja, karena sampai saat ini belum ada pilihan untuk transfer dari LinkAja ke e-wallet lain. Jadi kemungkinan resiko gagal tetap ada, oleh karena itu sebaiknya transfer dulu ke rekening bank milik sendiri.

Setelah saldo masuk ke rekening bank baru kamu lakukan transfer ke dompet digital atau e-wallet lain.

Dengan demikian resiko akan lebih kecil, apalagi jika memiliki rekening Bank HIMBARA yang gratis biaya admin transfer dari LinkAja.

Sehingga bisa lebih murah jika kita bandingkan langsung transfer LinkAja ke ShopeePay, OVO, DANA maupun GoPay.

Saat ini baru aplikasi DANA yang menyediakan menu resmi untuk transfer ke dompet digital lain. Namun memang terbatas hanya bisa ke OVO, ShopeePay dan GoPay saja.

Tidak bisa transfer dari DANA ke LinkAja karena memang tidak ada menunya, dan LinkAja menggunakan bank Tcash dengan kode 911 yang mana tidak ada di aplikasi DANA maupun dompet digital lain.

Tanya Jawab

Berapa Batas Minimal Transfer LinkAja Ke GoPay, OVO, DANA dan ShopeePay?

Saat tulisan ini kami buat, batas minimal kirim uang lewat LinkAja ke GoPay, OVO, ShopeePay maupun DANA adalah 10 ribu.

Kenapa Status Transfer LinkAja Pending?

Umumnya jika status transaksi LinkAja pending kemungkinan besar akan gagal. Tapi butuh waktu maksimal 2×24 jam sebelum uang kembali ke saldo LinkAja.

Apa Bisa Transfer LinkAja Ke DANA Tanpa Upgrade?

Tidak bisa, kamu hanya bisa transfer saldo LinkAja jika sudah upgrade ke layanan full service.

Kesimpulan

Demikianlah sedikit infor terbaru mengenai cara transfer LinkAja ke GoPay, OVO, DANA dan ShopeePay. Sebagai catatan, kami menyajikan informasi ini pertama kali pada Juli 2021 dan masih bisa.

Tetapi jika kamu mencoba tapi sudah tidak bisa transfer LinkAja ke OVO, GoPay atau DANA maka kemungkinan ada perubahan kebijakan.

Hal penting lainnya yang perlu kamu tahu adalah semua cara di atas hanya bisa kamu lakukan jika sudah upgrade LinkAja ke full service.

Selain itu pertimbangkan juga biaya admin transfer saldo LinkAja ke GoPay, OVO, DANA yang cukup mahal yaittu 6.500 rupiah per transaksi.

Jika belum upgrade maka bukan hanya tidak bisa transfer LinkAja ke GoPay tapi ke pengguna maupun bank lain. Artinya saldo LinkAja kamu bukan hanya tidak bisa kirim ke rekening bank tetapi tidak bisa kirim ke sesama pengguna.